Rabu, 01 Oktober 2014

CARA MENGATASI SUSAH TIDUR PADA MALAM HARI

Susah Tidur Malam Hari
Atasi Dengan Cara Berikut:

Dream - Meskipun bukan termasuk salah satu penyakit, namun kesulitan tidur pada malam hari atau insomia termasuk masalah yang cukup mengganggu.
Hingga tidak sedikit orang yang berupaya mengatasi permasalahan ini dengan berkonsultasi ke dokter.

Jika langkah tersebut tidak cukup membantu, mungkin anda bisa mencoba beberapa tips berikut agar terbebas dari gangguan insomnia.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda terapkan di rumah.

1. Hindarkan diri dari mengkonsumsi minuman yang bersifat diuretik (membuat anda terjaga) seperti kopi atau teh saat menjelang waktu tidur malam.

2. Selain itu usahakan juga untuk menghindarkan diri dari berbagai makanan yang dapat memicu meningkatkan kadar gula darah seperti es krim, daging merah (sapi), dan makanan berkadar lemak tinggi pada malam hari.

3. Saat siang hari konsumsi air putih dalam jumlah memadai. Hal ini dapat membantu mengembalikan fungsi ginjal secara optimal, terutama ketika anda terlelap.

4. Kurangi dan jauhkan diri dari kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dan mengkonsumsi narkoba.

5. Kurangi konsumsi makanan dengan penyedap dan pengawet buatan.

6. Saat merasa sakit pada bagian tubuh tertentu atau kesulitan tidur, kurangi ketergantungan pada obat-obatan kimia.
Segera beralih ke obat herbal yang lebih alami dan aman untuk dikonsumsi karena tidak memiliki efek samping.

7. Hentikan konsumsi suplemen vitamin E dosis tinggi secara berlebihan. Pemakaian vitamin E instan secara berlebih justru akan mengganggu proses metabolisme tubuh.

8. Tenangkan pikiran, biarkan otak mengalami relaksasi dengan berdo’a, sholat, mengaji, senam pernapasan ringan atau yoga.

9. Dengarkan lagu-lagu instrumental yang dapat menenangkan pikiran dan mengurangi ketegangan setelah seharian bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Tidak jarang juga insomnia terjadi karena anda sedang gelisah atau terlalu khawatir akan suatu permasalahan. Jadi, untuk mengatasinya pastikan untuk lebih dahulu menenangkan pikiran hingga bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.(prapto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar